1. Dalton E.M.C. Farland (1990) dalam “Management Principles and Management” :
- Planning
- Organizing
- Controlling
2. George R. Ferry (1990) dalam “Principles of Management” :
- Planning
- Organizing
- Controlling
- Activating
3. H. Koontz dan O’Donnel (1991) dalam “The Principles of Management” :
- Planning
- Organizing
- Staffing
- Controlling
- Directing
4. Luther Gullick :
- Planning
- Organizing
- Staffing
- Directing
- Coordinating
- Reporting
- Controlling
5. Nickels & McHugh :
- Planning
- Organizing
- Directing
- Controling
- Planning
- Organizing
- Leading
- Controling
7. Ernest Dale :
- Planning
- Organizing
- Staffing
- Directing
- Innovating
- Representing
- Controling
8. Henry Fayol :
- Planning
- Organizing
- Commanding
- Coordinating
- Controlling
9. Lyndall Urwick & Luther Gulick :
- Planning
- Organizing
- Staffing
- Directing
- Coordinating
- Reporting
- Budgeting
10. John Robert B, Ph.D :
- Planning
- Organizing
- Commanding
- Controlling
11. William H. Newman :
- Planning
- Organizing
- Assem-bling
- Resources
- Directing
- Controlling
12. Dr. S.P. Siagian, M.P.A :
- Planning
- Organizing
- Motivating
- Controlling
13. William Spriegel :
- Planning
- Organizing
- Controlling
14. Dr. Winardi, S.E :
- Planning
- Organizing
- Coordinating
- Actuating
- Leading
- Communication
- Controlling
15. The Liang Gie :
- Planning
- Decision Making
- Directing
- Coordinating
- Controlling
- Improving
16. James A.F.Stoner :
- Planning
- Organizing
- Leading
- Controlling
17. Louis A.Kallen :
- Planning
- Organizing
- Actuting
- Leading
18. Oeng Liang Lee
- Planning
- Organizing
- Directing
- Coordinating
- Controlling
1. Planning
Berbagai batasan tentang planning dari
yang sangat sederhana sampai dengan yang sangat rumit. Misalnya yang
sederhana saja merumuskan bahwa perencanaan adalah penentuan serangkaian
tindakan untuk mencapai suatu hasil yang diinginkan. Pembatasan yang
terakhir merumuskan perencaan
merupakan penetapan jawaban kepada enam pertanyaan berikut :1. Tindakan apa yang harus dikerjakan ?
2. Apakah sebabnya tindakan itu harus dikerjakan ?
3. Di manakah tindakan itu harus dikerjakan ?
4. kapankah tindakan itu harus dikerjakan ?
5. Siapakah yang akan mengerjakan tindakan itu ?
6. Bagaimanakah caranya melaksanakan tindakan itu ?
Menurut Stoner Planning adalah proses menetapkan sasaran dan tindakan yang perlu untuk mencapai sasaran tadi.
2. Organizing
Organizing atau pengororganisasian
adalah kumpulan dua orang atau lebih yang bekerja sama dalam cara yang
terstruktur untuk mencapai sasaran spesifik atau sejumlah sasaran.
3. Controlling
Controlling atau pengawasan, sering juga
disebut pengendalian adalah salah satu fungsi manajemen yang berupa
mengadakan penilaian, bila perlu mengadakan koreksi sehingga apa yang
dilakukan bawahan dapat diarahkan ke jalan yang benar dengan maksud
dengan tujuan yang telah digariskan semula.
4. Activating
Activating atau pelaksanaan adalah suatu fungsi manajemen berupa bentuk kegiatan kerja nyata dalam suatu kegiatan manajemen.
5. Staffing
Staffing adalah salah satu fungsi
manajemen berupa penyampaian perkembangan atau hasil kegiatan atau
pemberian keterangan mengenai segala hal yang bertalian dengan tugas dan
fungsi-fungsi kepada pejabat yang lebih tinggi.
6. Directing / Commanding
Directing atau Commanding adalah fungsi
manajemen yang berhubungan dengan usaha memberi bimbingan, saran,
perintah-perintah atau instruksi kepada bawahan dalam melaksanakan tugas
masingmasing, agar tugas dapat dilaksanakan dengan baik dan benar-benar
tertuju pada tujuan yang telah ditetapkan semula.
7. Coordinating
Coordinating atau pengkoordinasian
merupakan salah satu fungsi manajemen untuk melakukan berbagai kegiatan
agar tidak terjadi kekacauan, percekcokan, kekosongan kegiatan, dengan
jalan menghubungkan, menyatukan dan menyelaraskan pekerjaan bawahan
sehingga terdapat kerja sama yang terarah dalam upaya mencapai tujuan
organisasi.
8. Reporting
Adalah salah satu fungsi manajemen berupa
penyampaian perkembangan atau hasil kegiatan atau pemberian keterangan
mengenai segala hal yang bertalian dengan tugas dan fungsi-fungsi kepada
pejabat yang lebih tinggi.
9. Leading
Pekerjaan leading meliputi lima kegiatan yaitu :- Mengambil keputusan
- Mengadakan komunikasi agar ada saling pengertian antara manajer dan bawahan
- Memeberi semangat, inspirasi, dan dorongan kepada bawahan supaya mereka bertindak.
Memilih orang-orang yang menjadi anggota
kelompoknya, serta memperbaiki pengetahuan dan sikap-sikap bawahan agar
mereka terampil dalam usaha mencapai tujuan yang ditetapkan.
10.Innovating
Innovating merupakan fungsi manajemen
berupa penelitian, pengembangan, dan / atau perekayasaan yang bertujuan
mengembangkan penerapan praktis nilai dan konteks ilmu pengetahuan yang
baru, atau cara baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi
yang telah ada ke dalam produk atau proses produksi.
11. Representing
Representing adalah fungsi manajemen berupa adanya kesamaan dalam hal pengerjaan tugas.
12. Budgeting
Budgeting merupakan fungsi manajemen
berupa pengikhtisaran sistem anggaran keuangan. Baik itu sistem keuangan
untuk jangka pendek, menengah, dan panjang.
13. Assembling
Assembling merupakan fungsi manajemen
dimana terjadi pengurutan-pengurtan dalam hal kegiatan yang berhubungan
dengan manajemen itu sendiri.
14. Resources
Resources merupakan fungsi manajemen
berupa pemanfaat sumber daya yang ada, baik itu SDA atau SDM sehingga
terjadi ketepatgunaan.
15. Motivating
Motivating atau pemotivasian kegiatan
merupakan salah satu fungsi manajemen berupa pemberian inspirasi,
semangat dan dorongan kepada bawahan, agar bawahan melakukan kegiatan
secara suka rela sesuai apa yang diinginkan oleh atasan.
16. Actuating
Actuating adalah suatu tindakan untuk
mengusahakan agar semua anggota kelompok berusaha untuk mencapai sasaran
sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha-usaha organisasi. Jadi actuating
artinya adalah menggerakkan orang-orang agar mau bekerja dengan
sendirinya atau penuh kesadaran secara bersama-sama untuk mencapai
tujuan yang dikehendaki secara efektif. Dalam hal ini yang dibutuhkan
adalah kepemimpinan (leadership).
17. Communication
Communication merupakan suatu proses
penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak
lain agar terjadi saling mempengaruhi diantara keduanya. Pada umumnya,
komunikasi dilakukan dengan menggunakan kata-kata (lisan) yang dapat
dimengerti oleh kedua belah pihak. Dalam hal ini komunikasi yag terjadi
diantara hierarki kepemimpinan.
18. Decision Making
Dicision Making merupakan fungsi
manajemen yang dapat dianggap sebagai suatu hasil atau keluaran dari
proses mental atau kognitif yang membawa pada pemilihan suatu jalur
tindakan di antara beberapa alternatif yang tersedia. Setiap proses
pengambilan keputusan selalu menghasilkan satu pilihan final .
Keluarannya bisa berupa suatu tindakan (aksi) atau suatu opini terhadap
pilihan.
19. Improving
Improving adalah salah satu fungsi manajemen dalam hal peningkatan mutu kegiatan, kepemimpinan, kerjasma, dan lain-lain.
Thank You........: sakterusnya : IKI LOWWW
Thank You........: sakterusnya : IKI LOWWW